RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP NEGERI
10 KENDARI
Mata
pelajaran : IPS TERPADU ( GEOGRAFI)
Kelas /
Semester : VII / I
Alokasi
waktu :
2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi :
Memahami Kehidupan Sosial Manusia.
B. Kompetensi Dasar :
Siswa mampu mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.
C. Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
2.
Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
3.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
4.
Menguraikan ciri-ciri interaksi sosial.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya
interaksi sosial.
3.
Siswa dapat mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial.
4.
Siswa dapat menguraikan ciri-ciri interaksi sosial.
E. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian interaksi sosial.
2.
Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
3.
Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
4.
Ciri-ciri interaksi sosial.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
·
Menertibkan Kelas
·
Do’a
·
Absensi
·
Apersepsi
·
Motivasi
b.
Kegiatan Inti
1. Tahap Eksplorasi
Pada tahap ini guru memberikan
motivasi dan apersepsi terhadap materi yang akan
diajarkan.
2. Tahap Elaborasi
· Siswa mendengarkan materi yang diberikan guru
tentang pengertian dan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
· Jika siswa tidak ada yang bertanya, maka guru
melanjutkan materi tentang factor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan
cirri-ciri interaksi sosial.
· Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang
factor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan ciri-ciri interaksi
sosial.
· Siswa yang menjawab dengan baik diberikan
penilaian.
3. Tahap Konfirmasi
Pada tahap ini guru memberikan penguatan dan apresiasi juga penugasan
untuk
lebih mendalami materi.
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi
pelajaran.
·
Guru memberikan evaluasi.
·
Guru memberikan tugas rumah.
·
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
·
Salam penutup.
G. Sumber Pembelajaran
Sumber Belajar
·
Buku Paket IPS TERPADU Kelas VII.
·
Buku LKS Geografi Kelas VII.
·
Lingkungan Tempat Tinggal, Sekolah, dan
Masyarakat Luas.
.
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian : Lisan dan Tulisan
2. Bentuk Penilaian : Tes Uraian
BAHAN AJAR
Pengertian
interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu,
kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok. Yang berlangsung
apabila seseorang individu melakukan tindakan dan dari tindakan tersebut
menimbulkan reaksi dari individu yang lain.
Syarat-syarat
terjadinya interaksi sosial yaitu :
a.
Adanya kontak sosial.
Kata kontak
berasal dari bahasa latin, con atau cum yang artinya bersama-sama dan tango
artinya menyentuh. Jadi, arti kontak secara harfiah adalah bersama-sama
menyentuh. Kontak sosial tidak hanya bersentuhan secara fisik, melainkan
perkembangan teknologi membuat orang dapat berhubungan dengan orang lain tanpa
bersentuhan. Misalnya, melalui telepon, telegraf, radio, faksimil, dan
internet.
Kontak sosial
dapat berlangsung dalam tiga bentuk, antara lain :
1.
Kontak sosial antar individu.
2.
Kontak sosial antar individu dan kelompok atau
sebaliknya.
3.
Kontak sosial antar kelompok.
b.
Adanya
komunikasi.
Komunikasi dapat
diartikan apabila seseorang memberi arti pada prilaku orang lain atau
perasaan-perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Orang yang
bersangkutan, kemudian member reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan
oleh orang tersebut. Kontak sosial tanpa komunikasi belum dapat dikatakan
berinteraksi sosial. Akan tetapi, telah terjadi komunikasi, interaksi sosial
pun terjadi. Jadi, komunikasi tidak dapat dipisahkan dari kontak sosial dalam
mewujudkan interaksi sosial.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial yaitu :
- Imitasi merupakan proses meniru orang lain baik dalam sikap maupun tingkah laku misalnya cara berpakaian, model rambut, dan lain-lain.
- Sugesti adalah pengaruh yang diberikan oleh pihak lain, baik itu berupa pandangan, sikap, maupun perilaku sehingga orang yang mendapat pengaruh tersebut akan mengikutinya tanpa berfikir panjang.
- Identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain.
- Simpati adalah suatu proses yang ditandai dengan seseorang merasa tertarik kepada orang lain.
- Empati merupakan rasa simpati yang mendalam sehingga turut merasakan apa yang dirasakan.
- Motivasi merupakan dorongan, rangsangan, dan pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang atau individu kepada individu yang lain.
Ciri-ciri
interaksi sosial yaitu :
a.
Dilakukan oleh dua orang atau lebih.
b.
Adanya kontak sosial sebagai tahap pertama terjadinya interaksi sosial.
c. Adanya komunikasi sebagai pengantar
intraksi.
d. Menmpunyai maksud dan tujuan.
Kendari, 11 Desember 2011
Mengetahui :
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Geografi
Drs. H. Muh.
Natsir, M.SI. GHAFFAR
NIP.
STB. 20811002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar