selamat datang...

Kamis, 01 Maret 2012

contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                :  SMP NEGERI  10 KENDARI
Mata pelajaran                      :  IPS TERPADU ( GEOGRAFI)
Kelas / Semester                   :  VII / I
Alokasi waktu                       :  2 x 35 Menit

A. Standar Kompetensi :   Memahami Kehidupan Sosial Manusia.

B. Kompetensi Dasar    :   Siswa mampu mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.   
                                                                                                                                                                                                                      
C. Indikator :

     1.  Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
     2.  Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
     3.  Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
     4.  Menguraikan ciri-ciri interaksi sosial.

D. Tujuan Pembelajaran

           Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
3.      Siswa dapat mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
4.      Siswa dapat menguraikan ciri-ciri interaksi sosial.

E. Materi Pembelajaran

1.      Pengertian interaksi sosial.
2.      Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
4.      Ciri-ciri interaksi sosial.





F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Salam
·         Menertibkan Kelas
·         Do’a
·         Absensi
·         Apersepsi
·         Motivasi

b.      Kegiatan Inti

1. Tahap Eksplorasi

    Pada tahap ini guru memberikan motivasi dan apersepsi terhadap materi yang akan
    diajarkan.

2. Tahap Elaborasi

·  Siswa mendengarkan materi yang diberikan guru tentang pengertian dan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
·        Jika siswa tidak ada yang bertanya, maka guru melanjutkan materi tentang factor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan cirri-ciri interaksi sosial.
·     Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang factor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan ciri-ciri interaksi sosial.
·        Siswa yang menjawab dengan baik diberikan penilaian.

        3. Tahap Konfirmasi

            Pada tahap ini guru memberikan penguatan dan apresiasi juga penugasan untuk
            lebih mendalami materi.

c.       Kegiatan Penutup

·         Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
·         Guru memberikan evaluasi.
·         Guru memberikan tugas rumah.
·         Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
·         Salam penutup.

G. Sumber  Pembelajaran

                      Sumber Belajar
·         Buku Paket IPS TERPADU Kelas VII.
·         Buku LKS Geografi Kelas VII.
·         Lingkungan Tempat Tinggal, Sekolah, dan Masyarakat Luas.
.

H. Penilaian Hasil Belajar

     1. Teknik Penilaian              :     Lisan dan Tulisan
     2. Bentuk Penilaian              :     Tes Uraian











BAHAN AJAR

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok. Yang berlangsung apabila seseorang individu melakukan tindakan dan dari tindakan tersebut menimbulkan reaksi dari individu yang lain.

Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial yaitu :

a.       Adanya kontak sosial.

Kata kontak berasal dari bahasa latin, con atau cum yang artinya bersama-sama dan tango artinya menyentuh. Jadi, arti kontak secara harfiah adalah bersama-sama menyentuh. Kontak sosial tidak hanya bersentuhan secara fisik, melainkan perkembangan teknologi membuat orang dapat berhubungan dengan orang lain tanpa bersentuhan. Misalnya, melalui telepon, telegraf, radio, faksimil, dan internet.

Kontak sosial dapat berlangsung dalam tiga bentuk, antara lain :
1.      Kontak sosial antar individu.
2.      Kontak sosial antar individu dan kelompok atau sebaliknya.
3.      Kontak sosial antar kelompok.

b.       Adanya komunikasi.
Komunikasi dapat diartikan apabila seseorang memberi arti pada prilaku orang lain atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Orang yang bersangkutan, kemudian member reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Kontak sosial tanpa komunikasi belum dapat dikatakan berinteraksi sosial. Akan tetapi, telah terjadi komunikasi, interaksi sosial pun terjadi. Jadi, komunikasi tidak dapat dipisahkan dari kontak sosial dalam mewujudkan interaksi sosial.

Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial yaitu :

    1. Imitasi merupakan proses meniru orang lain baik dalam sikap maupun tingkah laku    misalnya cara berpakaian, model rambut, dan lain-lain.
    2. Sugesti adalah pengaruh yang diberikan oleh pihak lain, baik itu berupa pandangan, sikap, maupun perilaku sehingga orang yang mendapat pengaruh tersebut akan mengikutinya tanpa berfikir panjang.
    3. Identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain.
    4. Simpati adalah suatu proses yang ditandai dengan seseorang merasa tertarik kepada orang lain.
    5. Empati merupakan rasa simpati yang mendalam sehingga turut merasakan apa yang dirasakan.
    6. Motivasi merupakan dorongan, rangsangan, dan pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang atau individu kepada individu yang lain.

Ciri-ciri interaksi sosial yaitu :

a.       Dilakukan oleh dua orang atau lebih.
                 b.   Adanya kontak sosial sebagai tahap pertama terjadinya interaksi sosial.
                 c.   Adanya komunikasi sebagai pengantar intraksi.
                 d.   Menmpunyai maksud dan tujuan.                                                                       








    
                                                                                                 Kendari, 11 Desember 2011

                                                                                        Mengetahui :


                 Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran Geografi




           Drs. H. Muh. Natsir, M.SI.                                                             GHAFFAR
           NIP.                                                                                            STB. 20811002










Tidak ada komentar:

Posting Komentar